Feeds:
Posts
Comments

Archive for July, 2008

Ini adalah isi khutbah jum’at di masjid Junudurrahman (masjid TNI di jalan Aceh) oleh Ustad Muhtar, pada tanggal 25 Juli 2008 yang menurut saya bahasannya sangat menarik..

            Salah satu bulan yang dimuliakan Allah adalah bulan Rajab. Pada bulan ini terjadi suatu peristiwa yang sangat penting dalam perjalanan hidup Nabi Muhammad saw, yaitu Isra Mi’raj. Dalam peristiwa ini, Beliau melakukan perjalanan dari masjidil haram ke masjidil Aqsa, lalu dilanjutkan ke Sidratul Muntaha yang kita tidak mengetahui ada di mana tempat itu. Nabi Muhammad bertemu dengan Allah di Sidratul Muntaha, lalu berdialog dengan Allah yang isinya selalu kita baca pada saat tahhiyat dalam shalat kita.

            Attahiyyatul mubaarakaatus shalawaatuth thayyibaatu lillaah. (more…)

Read Full Post »

Sekarang ini kan lagi musimnya pilkada, baik itu pemilu gubernur, walikota, maupun bupati.. dan pasti juga para calon pemimpin itu sedang gencar-gencarnya melakukan kampanye, baik itu tatap muka langsung, melalui debat calon, atau lewat iklan di tv yang menggambarkan calonnya itu seperi sangat dekat dengan rakyat..

Nah…kita-kita ini yang ntar menentukan (disamping kuasa Allah) dengan memberikan suaru kita pas hari pencoblosan, siapa orang yang akan diberi kepercayaan oleh rakyat..

Saya punya harapan para calon pemimpin itu punya kriteria seperti di bawah ini :

1. Dia melayani bukan dilayani..

Melayani rakyatnya, bukan menyusahkan rakyatnya dengan kebijakan-kebijakan yang merugikan, birokrasi yang jelek, mau sekolah dipersulit dg uang buku yang mahal, uang sumbangan apa lah..dan lain-lain. (more…)

Read Full Post »

Indahnya

Indahnya

Bagi saya,,

liburan panjang kali ini rasanya belum lengkap klo blum diisi dengan jalan-jalan ke suatu tempat yg berbeda dari yg ada di perkotaan. Jalan-jalan yang tidak seperti biasanya itu adalah seperti menikmati pemandangan alam nan indah, memesona ,dan menyejukkan, seperti gunung, perkebunan, sungai, air terjun, bukit, lembah, dll. Bisa juga jalan-jalan kaya layaknya seorang backpacker yg berpetualang mencari pengalaman-pengalaman baru. Yah…seperti yg saya inginkan sekarang.

 

  (more…)

Read Full Post »

Ikhlas yuk…

Alhamdulillah….acara wisudaan juli udah selese. Ada satu hal penting yang saya dapet ketika jadi panitia ini. Saya bisa merasakan apa artinya keikhlasan itu. Benar-benar bekerja dengan tulus.

Diamanahi menjadi koordinator divisi transportasi ternyata (more…)

Read Full Post »

Sekarang-sekarang ini ni, rasanya benar-benar haus..tapi bukan haus untuk minum, melainkan haus untuk baca buku… Klo lagi nganggur pengennya ke Gramedia atau Bandung Book Center (BBC) yang bukunya diskon terus. Tapi bingung klo udah di Gramedia atau di BBC,  mau beli buku yang mana. Liat-liat di bagian pengembangan diri ada yang bagus, jadi pengen beli. Liat di kategori islam, mantap juga. Liat ada novel yang international Best Seller sampai berjuta copy juga ingin dibaca juga. Ga sengaja liat di bagian yang lain, nemu yang keren juga.

(more…)

Read Full Post »

Di Kampusku

Ini adalah puisi yang sempat saya bikin ketika baru masuk ITB. Saya menemukannya di lemari ketika sedang beres-beres di rumah. Ternyata bisa juga saya bikin puisi. Puisi ini bertemakan tentang seorang mahasiswa yang ingin mendapatkan banyak manfaat dari kampusnya.

Kampusku

Kampusku

Kampusku

 

Mencari ilmu setinggi-tingginya

Setinggi langit tak terbatas

Di manakah itu? Di kampusku

          Mencari teman sebanyak-banyaknya

          Sebanyak bintang di malam hari

          Di manakah itu? Di kampusku

Mencari kedewasaan dalam diriku

Menemukan kepercayaan diri dalam diriku

Itu semua bisa ku cari, di kampusku

 

Memang belum sempurna, tapi puisi itu seperti mengingatkan kepada saya apakah selama 2 tahun kuliah di ITB saya benar-benar telah mencari itu semua dan mendapatkannya. Apakah ilmu itu telah saya cari, kemudian saya pelajari dan saya amalkan? Apakah saya telah banyak memiliki teman? Atau justru saya memiliki musuh? Ya Allah, ampuni hamba.. Apakah saya benar-benar telah dewasa? Percaya akan potensi yang dimiliki?

Itu semua, menjadi introspeksi dan evaluasi bagi saya..

Jangan sampai anugrah dari Allah berupa kuliah di ITB ini tidak saya syukuri..

Ya Allah, Jadikan setiap kegiatan yang saya lakukan menjadi sebuah kebaikan, baik bagi saya sendiri maupun bagi orang lain, baik untuk di dunia maupun di akhirat. Amin..

Read Full Post »

Pernah ga kita ngerasa sebel atau tidak suka sama orang lain? Pasti pernah…(atau ada yg ga pernah? Hebat ..). Kita ngga suka sama dia bisa saja karena perilakunya, sikapnya, cara dia berbicara, atau alasan lain sehingga kita jadi “ilang feeling” dengan dia. Nah pada saat itu pasti kita juga males dengerin dia bicara. Dia ngomong apa, rasanya udah ga enak untuk didengerin. Dia berbicara tentang ini, walaupun sesuai dgn pendapat kita juga rasanya tetap aja nganggap dia salah (bener ga?) ..

Yah…itu sih wajar.. Tapi jangan berlebihan. Saya juga pernah ngerasain kaya gitu. Sikap dia itu kadang bikin saya kesal. Trus dia bicara, ya saya jadi males tuk ngedengerin dia, tapi saya tetap berusaha menangkap apa yang dia bicarakan dan mengambil hal positifnya. Yap..memang sulit sih…tapi itu bisa dilakukan ko..

Ali bin Abi Thalib pun pernah mengatakan

 

“ Simaklah apa yang dikatakan, jangan melihat siapa yang mengatakan (more…)

Read Full Post »

Older Posts »